MANFAAT MEMANJAT GUNUNG YANG BAIK DAN BENAR

MANFAAT MEMANJAT GUNUNG YANG BAIK DAN BENAR

MANFAAT MEMANJAT GUNUNG YANG BAIK DAN BENAR

Panjat tebing memberikan keuntungan tersendiri secara signifikan.
Pendakian gunung batu juga bisa tampak seperti rekreasi celah, mungkin yang penuh dengan ancaman. Bagaimanapun, itu memerlukan penskalaan aspek tebing atau dinding batu yang disimulasikan. Tetapi para ahli mengatakan itu memberi kontributor semacam manfaat kebugaran tubuh. Dan mental yang besar yang biasanya tidak ditemukan dalam kegiatan olahraga yang berbeda. Dan manusia yang lebih besar sedang mendaki dari sebelumnya – terima kasih dalam elemen. Untuk memukul film termasuk “Free Solo” dan “The Dawn Wall.”
Mendaki sebagai olahraga rekreasi telah menjadi populer di tahun 1980-an. Dengan gimnasium hiking dalam ruangan pertama di negara itu dimulai di Seattle. Saat ini, ada lebih dari 500 dinding pendakian gunung dalam ruangan di Amerika Serikat, yang mendukung industri senilai $ 493 juta, sejalan dengan perusahaan riset pasar IBISWorld.
Lebih dari 10 juta orang Amerika telah mengambil bagian dalam hiking pada tahun 2020, dan pendakian gunung rekreasi memulai debutnya 12 bulan berikutnya di Olimpiade Musim Panas Tokyo.

AKTIFITAS PANJAT TEBING TERBAIK

Olahraga panjat tebing memulai debutnya di Olimpiade Tokyo 2020, yang diadakan pada tahun 2021. Inilah atlet AS Brooke Raboutou.
Olahraga Olimpiade baru ini memiliki tiga disiplin: bouldering, yang dilakukan di dinding bawah tanpa tali; kecepatan hiking, di mana individu tercepat ke puncak menang; dan memimpin pendakian gunung, yang tujuannya adalah mendaki setinggi mungkin dalam batas waktu.
Sementara mendaki gunung menarik para pencari sensasi, yang lain menganggapnya sebagai latihan tingkat pertama yang masih menenangkan dan menajamkan pikiran.
Berikut adalah delapan alasan mengapa Anda ingin mencoba panjat tebing.
Kata penting: Sebelum memulai aplikasi latihan baru, mintalah saran dari dokter medis Anda. Berhenti segera jika Anda menikmati rasa sakit.
Meningkatkan kesehatan kardiorespirasi
Kegiatan olahraga yang bergerak cepat yang meliputi lari, sepak bola, dan bersepeda dianggap sebagai latihan yang meningkatkan detak jantung Anda. Tetapi mendaki juga membuat jantung Anda terpompa, karena itu termasuk banyak menarik, mendorong, dan mengangkat. Dan semakin sulit pendakian dibandingkan dengan kemampuan Anda, semakin banyak latihan.
Bouldering selesai tanpa tali. Di sini, seseorang berlatih di mal Jakarta, Indonesia.
Atlet elit dengan tim nasional USA Climbing mengukur detak jantung setinggi sekitar 150 detak per menit bahkan saat mereka mendaki, jumlah yang cukup mencengangkan, kata Zack DiCristino, terapis fisik dan manajer klinis tim. Dan panjat tebing dalam ruangan ternyata membutuhkan pengeluaran listrik yang sama seperti berlari 8 hingga 11 menit per mil, menurut penelitian yang diterbitkan dalam British Journal of Sports Medicine.

KEUNTUNGAN YANG DI DAPAT SAAT BEROLAHRAGA

Membangun energi otot
Sekarang tidak mengherankan bahwa mengangkat tubuh Anda ke atas dinding tebing membangun otot di tangan Anda, namun memanjat adalah latihan full-frame. Selain melatih otot bisep, trisep, dan deltoid, latihan ini juga melatih perut, oblique, glutes, paha, betis, dan lainnya.
“Anda membangun banyak listrik tubuh bagian atas saat Anda memanjat, khususnya di dalam jari dan lengan,” kata DiCristino. “Tetapi beberapa orang tidak memahami bahwa jika Anda menggunakan metode yang tepat, tubuh bagian bawah Anda juga menerima latihan yang cukup, dengan jongkok dan melompat.”
Meningkatkan fleksibilitas dan keseimbangan
Mendaki menuntut Anda untuk bisa meregangkan tangan dan kaki Anda secara berlebihan dan lebar, ditambah meliukkan tubuh Anda ke posisi yang tidak biasa. Dan, tentu saja, Anda ingin menyeimbangkan pijakan kecil. Semakin banyak Anda mendaki, semakin tinggi fleksibilitas, stabilitas, dan koordinasi Anda.
“Mendaki membantu Anda menyadari kerangka Anda dan meningkatkan cara Anda menggerakkan tubuh,” kata Nick Wilkes, pemilik dan instruktur kepala di Devils Lake Climbing Guides, layanan manual di Madison, Wisconsin.

KEUNTUNGAN TERSENDIRI UNTUK MASALAH MEMORI PADA OTAK

Meningkatkan memori dan memperbaiki masalah
Sebagian besar bakat mendaki gunung terletak pada mencari tahu dan menghafal jalur pendakian Anda sebelumnya. Anda juga ingin mengatasi masalah dengan cepat, mengubah rute atau urutan Anda jika Anda menemukan rintangan tiba-tiba. “Mendaki sangat kognitif di alam,” kata DiCristino.
Memang, kegiatan yang mencakup pendakian gunung telah terbukti meningkatkan kemampuan memori operasi hingga 50% dalam penelitian yang dilakukan oleh para peneliti University of North Florida. Dan perempuan adalah pendaki pemula yang lebih baik daripada laki-laki, karena mereka terbiasa memperbaiki masalah tubuh dengan otak mereka, kata Wilkes.
Meningkatkan bakat komunikasi
Kemampuan komunikasi sangat penting untuk keselamatan Anda. Pemanjat tali memiliki kaki tangan di tanah yang dikenal sebagai belayer, yang menangani tali melalui perangkat untuk mengelola kecemasan atau kendur, menjebak setiap jatuh dan menurunkan pemanjat. Selama pendakian, keduanya harus terus berkomunikasi tentang kekhawatiran seperti kecemasan tali yang disukai, sementara pemanjat ingin bersantai dan kapan saatnya untuk turun kembali.